Kuburan Massal Ulee Lheue

Kuburan Massal Ulee Lheue merupakan salah satu kuburan massal korban tsunami Aceh pada tahun 2006 yang silam. Kuburan massal ini terletak tidak jauh dari pusat kota Banda Aceh menuju pelabuhan Ulee Lheue.Selain kuburan massal Ulee Lheue, terdapat juga beberapa kuburan massal lainnya, diantaranya adalah kuburan massal Siron dan kuburan massal Lhoknga (Aceh Besar). Kuburan-kuburan massal ini biasanya dipadati oleh peziarah pada saat-saat menjelang perayaan Idul Fitri setiap tahunnya.

Pada tempat ini terdapat lahan rumput yang cukup luas, dimana di dalamnya terdapat ribuan jasad korban tsunami Aceh. Korban-korban tersebut dikuburkan tanpa nisan di atasnya, karena memang sulit untuk mengenali satu-persatu korban tsunami pada saat itu. Hanya terdapat penanda semacam tiang bertuliskan lokasi kuburan dewasa atau kuburan anak-anak.

Tidak jauh dari makam tersebut kurang lebih sekitar 50 meter, masih di dalam kompleks kuburan massal, terdapat bekas gedung RSUD Meuraxa. Bekas gedung ini biasa digunakan oleh para peziarah untuk berdoa.

Kuburan Massal Ulee Lheue masih sering dikunjungi oleh sanak famili korban yang merasa bahwa sanak saudara mereka termasuk diantara korban yang dimakamkan di tempat ini.


Share:

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *